Minggu, 20 Oktober 2013

PKB ‘Ogaaah!’ Gabung Di Poros Tengah


Walau politisi seniornya bergabung di dalam poros tengah yang kini mau dihidupkan kembali dalam rangka menyambut pilpres 2014, dengan mimpi seperti yang terjadi di tahun 1999, ketika poros tengah, berhasil mempoisisikan KH. Abdurrahman Wahid sebagai presiden, menggeser Megawati Soekarno Poetri.  Justru kini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menolak bergabung dalam poros tengah jilid II yang merupakan koalisi partai Islam.

PKB memilih terbuka dengan partai dari berbagai ideologi untuk berkoalisi. Walau saat ini partainya tengah mengusung Mahfud MD sebagai capresnya, tapi PKB tak akan memberi batasan pada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu untuk aktif di poros tengah.

PKB memiliki penilaian tersendiri perihal ketidakinginan partai ini bergabung dengan poros tengah, poros tengah cenderung ekslusif dan sentimen terhadap satu ideologi tertentu. Padahal, dengan sistem pemilu saat ini mestinya koalisi tak boleh lagi tersekat-sekat dengan ideologi tertentu.

Pencalonan Kandidat Calon Presiden Fraksi PKB 

Begitu gencar promosi dari berbagai politisi terhadap pemilihan calon presiden 2014. Seperti yang kita ketahui, yaitu wiranto, prabowo, bahkan Aburiezal Bakrie sudah mencalonkan diri sebagai calon presiden 2014. Bagaimana tanggapan Anda apabila Rhoma Irama yang dicalonkan menjadi calon presiden 2014 oleh partai PKB.
Di usung dari salah satu berita, denger – denger nih, salah satu penyanyi dangdut kondang akan di calonkan dari partai PKB sebagai calon presiden 2014. Awalnya, mereka masih ragu dan Partai Kebangkita Bangsa pun menyatakan bahwa belum tentu Rhoma Irama yang akan menjadi calon presiden 2014 dari fraksi PKB, melainkan Mahfud MD. Keduanya pun sebenarnya bersaing ketat dan mereka masih bingung memikirkannya. Ada beberapa pertimbangan yang membuat partai PKB mencalonkan mereka berdua sebagai kandidat calon presiden dari fraksi PKB.
Toh apa salahnya artis ngeksis jadi calon presiden? Dua orang ini masih dinilai bagaimana popularitas dan efektabilitas yang dimilikinya. Pernyataan ini muncul dari salah satu ketua fraksi PKB itu sendiri. Dalam hal ini, sebenarnya mereka pun masih bingung dalam menetapkan pencalonan presiden untuk fraksi PKB itu sendiri. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menguji kedua kandidat ini, yaitu Rhoma Irama dan Mahmu MD. Siapakah yang lebih pantas menjadi kandidat calon presiden bagi PKB. Partai Kebangkitan Bangsa pun ingin melihat respon yang diberikan publik terhadap dua figur tersebut.
Setelah salah satu dari mereka mendapat tanggapan terbaik dari masyarakat, maka PKB pun mampu menenutukan dan memberikan pilihan terbaik sebagai calon presiden yang ditetapkan. Namun, sebenarnya ketua PKB menanggapi pendapat Marwan dan memberikan pernyataan bahwa beliau tidak tahu – menahu mengenai pencalonan presiden dari fraksi PKB dan beliau pun masih belum tertarik dalam hal ini. Namun, Marwan juga tidak bisa memberikan jawaban pasti akan pencalonan presiden ini, sehingga dia memberikan info kepada publik bahwa beliau akan memberitahukannya pada saat bulan oktober pada saat jumpa pers. Tinggal menunggu saja nanti hasil keputusannya bagaimana, imbuhnya, ketika di tanya untuk memberikan penjelasan mengenai kejelasan kandidat calon presiden dari fraksi PKB.

HMJS

1 komentar: